Progress Aplikasi ARPEGIO 11/11/2016

Hallo selamat pagi kawan-kawan. Kita mau share sedikit tentang perkembangan aplikasi arpegio sampai hari jumat 11 november 2016.

Karena Mata kuliah kita adalah pemrograman jaringan maka penerapan soket programming adalah hal yang terpenting. pada progress kali ini kita sudah membuat fitur soket programming tersebut.

Pembuatan soket programming tersebut menggunakan aplikasi android studio yang support juga terhadap pemrograman soket jaringan ini. Kami menerapkan sistem client dan server, dimana guru adalah sebagai servernya yang akan melakukan broadcast data kepada clientnya yang tak lain adalah murid.

Pada pengkodingannya kita membuat 4 kelas diantaranya : user, main, guru dan murid. kelas user merupakan model yang terdiri dari user dan ip address.

1

Kemudian untuk kelas mainnya digunakan untuk memberikan method kepada 2 button, yg pertama adalah button guru dan yang kedua adalah button murid. ketika diklik pada button guru maka akan menjalankan activity class dari guru begitu juga ketika mengklik pada button murid maka akan menjalankan activity class dari murid.

2

Selanjutnya kita akan sedikit mengulas mengenai pengkodingan pada class guru. ketika guru dijalankan maka akan melakukan broadcast yaitu dengan memanggil kelas broadcast untuk dipassingkan datanya, data yang dipassingkan berupa ip address, nomor port dan message.

3

Terdapat juga prosedur doInBackground, disinilah soket bekerja. soket akan membentuk soket baru dari ip address dan port yang telah didapat sebelumnya. kemudian dataOutputStream dan dataInputStream akan membuat dataOutputStream dan dataInputStream yang didapat dari keluaran dan masukan soket.apabila messages ke server tidak kosong maka akan melakuak penulisan di dataOutputstream apabila kosonog maka akan menjalankan exception.

4

selanjutnya adalah kelas socketserverThread yang hampir sama dengan prosedur diatas yaitu soket akan membentuk soket baru dari ip address dan port yang telah didapat sebelumnya. kemudian dataOutputStream dan dataInputStream akan membuat dataOutputStream dan dataInputStream yang didapat dari keluaran dan masukan soket.

5-1

apabila tidak ada pesan dari client maka code dibawah akan diblok, ketika ada maka akan mengcreat message untuk mendapatkan inetAddress, port dan message from client dari soket.

Kemudian model user akan menciptakan model baru  dan membuat message reply untuk user dengan menulis pada dataOutputStream.

5-2

Dibawah merupakan fungsi untuk mendapatkan IP address.

6

Kemudian untuk kelas murid, konsepnya tidak jauh berbedan dengan class activity guru.

7

ketika dijalankan maka akan melakukan pemanggilan dan create kelas myClientTask . MyClientTask memiliki 3 atribut diantaranya ip address, nomor port dan message to.

Adapula prosedur doInBackground yang terdapat didalam kelas myClientTask. disinilah soket bekerja. soket akan membentuk soket baru dari ip address dan port yang telah didapat sebelumnya. kemudian dataOutputStream dan dataInputStream akan membuat dataOutputStream dan dataInputStream yang didapat dari keluaran dan masukan soket

8

Dibawah merupakan fungsi untuk mendapatkan ip address yang nilai balikannya berupa string.

9

Terdapat kelas socketMuridThread.soket akan membentuk soket baru dari ip address dan port yang telah didapat sebelumnya. kemudian dataOutputStream dan dataInputStream akan membuat dataOutputStream dan dataInputStream yang didapat dari keluaran dan masukan soket. apabila tidak ada pesan dari client maka code dibawah akan diblok, ketika ada maka akan mengcreat message untuk mendapatkan inetAddress, port dan message from client dari soket.

10-1

10-2

Demikian perkembangan fitur soket programming dari aplikasi ARPEGIO, sekian dan Terima kasih 🙂

Leave a comment